Senin, 11 Oktober 2010

Empat produk ponsel Nokia terbaru (dengan nomor yang baru juga)


Pada konferensi Growing Together 2008 di Johannesburg, Nokia memperkenalkan beberapa produk terbaru untuk pasar yang sedang berkembang.Nokia 5000
Yang pertama, Nokia 5000 yang telah dilengkapi kamera 1,3 megapixel dan layar QVGA berukuran cukup besar. Inilah produk Nokia dengan kamera megapixel termurah yang ada di pasar. Harganya diperkirakan antara 50 EURO sampai 90 EURO. Fiturnya antara lain: FM radio & FM radio recording (untuk beberapa daerah), Music player, Bluetooth, Email, MP3 & AAC ringtones, GPRS, WAP 2.0, Nokia Xpress Audio Messaging, MMS, Advanced calculator, Image caller ID. Ada tiga warna pilihan: Cyber Green, Neon Blue, dan Perfect Purple.
Nokia 2680 SlidePenggemar ponsel berdesain geser akan lebih tertarik dengan Nokia 2680 Slide. Seri ini juga merupakan ponsel Nokia berdesain geser termurah. Fiturnya antara lain:VGA camera, Bluetooth,
FM radio & FM radio recording (untuk beberapa daerah), Email, MP3 ringtones, GPRS, Nokia Xpress Audio Messaging, phonebook 1,000-entry, MMS, WAP 2.0, Organizer with local calendar, dan Advanced calculator.
Terdapat empat pilihan warna, mulai dari slate gray, night blue, orange, dan violet.
Nokia 7070 Prism
Nokia juga tidak melupakan penggemar ponsel berdesain lipat dan mengeluarkan Nokia 7070 Prism. Sekali lagi, ini adalah ponsel desain termurah dari Nokia. Walaupun murah, tapi desain jauh dari kesan murahan. Fiturnya antara lain: MP3 ringtones & 24 polyphonic ringtones, Light indicator, GPRS, Email, Memori sampai 11MB,Nokia Xpress Audio Messaging, Prepaid tracker, Phonebook 1,000-entry. Pilihan warna ada dua; Black & Pink accent serta Black & Blue accent.
Nokia 1680 Classic
Yang terakhir, Nokia 1680 Classic, lebih ditujukan bagi mereka yang sering berurusan dengan email. Hal ini terbukti dengan dukungan koneksi EDGE yang lumayan cepat jika hanya untuk mengambil email. Fitur lainnya: VGA camera (300K pixel) with video recording, Email, Voice recording, MP3 ringtones & 24 polyphonic ringtones, GPRS & EDGE, 64K TFT display, Nokia Xpress Audio Messaging, Phonebook 1,000-entry, MMS, IM, Handsfree speaker, English-Chinese dictionary (khusus kawasan China & APAC). Pilihan warna ada empat: Black, Slate Gray, Wine Red, Deep Plum.
Phewwww, cukup banyak ya… Sekilas dari lineup ini, ada beberapa hal yang ingin ditekankan Nokia untuk ponsel kelas entry-level. Pertama masalah Email. Nokia tampaknya ingin mendorong penggunaan email lebih sering di ponsel. Semua model ponsel di atas dilengkapi fitur email, yang merupakan fitur terbaru software S40. Jadi di kemudian hari, tampaknya semua ponsel Nokia akan dapat mengirim email (POP3 dan IMAP). That’s good!!
Sedangkan dari segi harga, jika dilihat harga tertinggi adalah EURO 90 dan terendah EURO 50, atau masih di bawah Rp 1,5 juta. Tentunya ini hanya perkiraan, belum ada kepastian mengingat kebijakan pajak untuk ponsel di tiap negara berbeda. Namun jika dilihat fiturnya, sebagian besar fitur yang dulunya hanya dapat dinikmati di ponsel kelas Rp 2 jutaan sekarang sudah “turun pangkat”. Satu lagi poin plus.
Untuk desain, rata-rata cukup standar (kecuali 770 Prism) dan menurut saya, agak membosankan terutama untuk Nokia 5000 dan Nokia 1680 Classic. Sedangkan untuk urusan nama, kita mendapatkan nomor yang cukup mudah untuk diingat. Mungkin istilahnya, ini adalah nomor cantiknya untuk dunia ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar